KATA
PENGANTAR
Segala
puji hanyalah bagi Allah SWT. Yang telah melimpahkan Rahmat dan Nikmat kepada
kita sehingga kita dapat menjalankan aktifitas kita sehari-hari. Shalawat dan
salam Semoga Allah SWT limpahkan selamanya kepada Nabi Muhammad SAW,
keluarganya dan para sahabatnya serta seluruh umatnya yang setia memperjuangkan
kebenaran dan menegakkan syiar Islam secara konsisten sampai akhir zaman.
Kantor
Urusan Agama merupakan satu dari sekian banyak organisasi yang merupakan unit
kerja dilingkungan Kementerian Agama. KUA mempunyai tugas melaksanakan sebagian
tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten dibidang urusan agama Islam dalam
wilayah Kecamatan. Maka secara hirarkis, dalam struktur Kementerian Agama, KUA
merupakan unit kerja paling dekat dengan masyarakat.
Alhamdulillah,
berkat izin dan rahmat Allah SWT, kami dapat menyusun Profil KUA Kecamatan Julok
yang jauh dari kesempurnaan. Namun walau demikian semoga hal ini bermanfaat
khususnya bagi kami yang pada tahun 2018 ini mendapat predikat KUA Percontohan
terbaik palayanan ditingkat Kabupaten Aceh Timur sekaligus mendapat kehormatan
untuk mengikuti seleksi Kantor Urusan Agama Percontohan tingkat Propinsi yang
mudah-mudahan hal ini dapat memicu kami untuk menciptakan Kantor Urusan Agama
sebagai tempat melayani masyarakat dengan pelayanan yang prima.
Kami
menyadari sepenuh hati atas segala kekurangan yang kami miliki dalam penyusunan
profil ini. Hal ini tiada lain hanyalah karena keterbatasan kemampuan kami.
Dengan
segala ketulusan hati, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu kami yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Dan mohon
do’a restu dari semua pihak semoga KUA kecamatan Julok menjadi KUA percontohan
tingkat Privinsi dan menjadi suri tauladan bagi KUA yang lainnya.
Julok, 2018
Kepala
Dto
FADLI,
S.Ag
Nip.
19780611 200212 1 002
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
KUA Kecamatan sebagai unit teknis terdepan memiliki
posisi dan kedudukan yang sangat penting dalam rangka pencitraan Kementerian
Agama secara menyeluruh di mata masyarakat. KUA
merupakan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam
pada tingkat Kecamatan yang memiliki cakupan tugas pelayanan yang sangat luas.
Sebagai
salah satu unit pelayanan publik, KUA dituntut mampu memberikan pelayanan
kepada masyarakat secara optimal, meliputi pelaksanaan pelayanan, pengawasan,
pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk; Penyususnan statistik dokumentasi dan
pengelolaan system informasi manajemen KUA; Melaksanakan tata usaha dan rumah
tangga KUA; Pelayanan bimbingan keluarga sakinah, Kemasjidan, bimbingan syariah,
serta penyelenggaraan fungsi lain dibidang agama Islam yang ditugaskan oleh
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
Mengingat besarnya tugas dan fungsi
tersebut, KUA harus meningkatkan profesionalismenya dalam melayani masyarakat,
untuk itu perlu mendapat perhatian dalam pembinaan, evaluasi, dan penilaian
kinerja seluruh unsur yang ada di dalamnya. Sehubungan dengan hal tersebut
dalam rangka meningkatkan kualitas pencapaian pelayanan pada KUA Kecamatan
diperlukan penilaian kinerja KUA Kecamatan secara berjenjang mulai dari tingkat
kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
Kantor Urusan Agama Kecamatan yang sering
disingkat dengan KUA Kec merupakan salah
satu lembaga jajaran Kementerian Agama yang paling terdepan dan sering dijuluki
sebagai ujung tombak Kementerian Agama karena keberadaannya disetiap kecamatan
diseluruh pelosok Tanah Air. Di Indonesia Kantor Urusan Agama Kecamatan lahir sejak 1929 yang diatur dalam
huwelijksordonantie S.1929 No.248 jo.S.1931 No.467 dan telah disampurnakan dua
kali yaitu S.1933 No.98 dan S.1932 No.428
yaitu sebuah peraturan yang mengatur tentang Pencatatan Nikah,
Thalak, Cerai dan Rujuk masa penjajahan belanda. Pada Tanggal 21 Nopember 1946
Pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1946 tentang
Pencatatan Nikah, Thalak Cerai dan Rujuk dan mencabut Statblat 1929 No.248
jo.S.1931 No.467 dan telah S.1933 No.98
dan S.1932 No.428 karena tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Dalam UU
No 22 Tahun 1946 Kantor Urusan Agama Kecamatan diberi nama Kantor Jawatan Agama
Kecamatan sedangkan untuk untuk Kantor Kementerian Agama Wilayah dan
Kabupaten diberi nama Kantor Jawatan
Agama Daerah.
Pada Tanggal 2 Januari 1974 Pemerintah Indonesia
mengeluarkan UU No.1 Tahun 1974 tentang
perkawinan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia 9 Tahun 1975 tentang
peraturan pelaksana UU No.1 Tahun 1974 dan mulai saat itu Kantor Jawatan Agama Kecamatan diganti dengan Kantor
Urusan Agama Kecamatan yang bertugas melaksanakan sebagian tugas-tugas
Kementerian Agama Meliputi Nikah & Rujuk, Keluarga Sakinah, Zawaibsos,
Haji, Pembinaan Penyuluh Agama, Produk Halal, Kemitraan Antar Ummat Beragama,
Penentuan Arah Kiblat (KMA No.517/2001)
B. Dasar Hukum
Penyusunan profil KUA Kecamatan Julok Kabupaten
Aceh Timur yang memuat gambaran umum tentang pelaksanaan tugas dan fungsi KUA Kecamatan
Julok didasarkan pada ketentuan tugas dan fungsi KUA Kecamatan itu sendiri dan
dukungan dari intansi vertikal yang berwenang dalam pembinaan rutin dalam
bentuk kegiatan penilaian atas KUA percontohan yang berpijak pada peraturan
yang berlakusebagai berikut:
1. Undang-Undang RI
No. 22 tahun 1946 tentang pencatatan nikah, tolak dan rujuk.
2. Undang-Undang RI
No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan.
3. Peraturan Menteri
Agama Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama
4.
Keputusan Menteri Agama
(KMA) RI No. 517 tahun 2001 tentang penataan struktur organisasi dan tata kerja
KUA Kecamatan. Jo Peraturan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2012 tentang
Organisasi dan Tata Kerja KUA. Jo Peraturan
Menteri Agama 34 Tahun 2016 Tentang
Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan
5. Keputusan Menteri
Agama (KMA) RI No. 373 tahun 2002 tentang Stok Kantor Wilayah Departemen Agama
dan Kantor Kabupaten/Kota.
6. Instruksi Menteri
Agama Nomor 1 Tahun 2000 tentang Pedoman Perbaikan Pelayanan Masyarakat di
Lingkungan Departemen Agama;
7. Instruksi Menteri
Agama Nomor 2 Tahun 2004 Tentang Peningkatan Pelayanan Pernikahan Pada Kantor
Urusan Agama Kecamatan;
8. Keputusan Dirjen
Bimas Islam Nomor DJ.II/231 tahun 2013 tentang pedoman Penilaian Kantor Urusan
Agama (KUA) Kecamatan Teladan.
9.
Surat kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Aceh
Nomor : 3218/Kw.01.6/Ku.01.2/06/2018 tanggal 8 Juni 2018, tentang Penilaian KUA Teladan 2018.
C. Maksud Dan Tujuan
1. Maksud:
Pembuatan dalam bentuk Profil Kantor Urusan
Agama (KUA) Kecamatan Julok Kabupaten
Aceh Timur dimaksudkan sebagai bahan acuan dan pertimbangan bagi tim penilai
KUA percontohan dalam melihat gambaran objektif Kantor Urusan Agama Kecamatan
Julok secara komprehensif yang meliputi perkembangan fisik bangunan,
administrasi, penyelenggaraan tugas dan fungsi KUA Kecamatan Julok dalam rangka
peningkatan KUA. Dengan gambaran komprehensif ini diharapkan akan mempermudah
dan memperlancar tugas penilaian yang dilaksanakan oleh tim penilai KUA
Teladan/percontohan.
2. Tujuan:
a.
Memberikan gambaran umum bagi para pelaksana
Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok
tentang kondisi ril KUA Kecamatan Julok.
b.
Dapat mengetahui standar dari pola dan volume
kerja yang telah dilaksanakan oleh para pelaksana Kantor Urusan Agama Kecamatan
Julok, sekaligus menjadi bahan evaluasi dan komparasi terhadap kemajuan yang
telah dicapai oleh KUA lain yang ada di Aceh.
c.
Memberikan daya penilaian subjektif dari
masing-masing personal pelaksana KUA Kecamatan Julok sehingga akan mendorong
timbulnya kreatifitas dalam menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan
kualitas kinerja sekaligus pula dapat memposisikan dirinya dalam perbaikan,
peningkatan dan penyempurnaan hasil kerja sesuai dengan tugas yang diembannya.
d.
Memberikan rumusan global tentang apa yang
telah dilaksanakan KUA Kecamatan Julok dan apa yang akan direncanakan kedepan.
BAB II
GAMBARAN UMUM KUA
KECAMATAN JULOK
Nama KUA Kecamatan : KUA Kecamatan Julok
Nama Kepala KUA : Fadli, S.Ag
Kabupaten/Kota : Aceh Timur
Provinsi : Aceh
Telepon : -
Fax/Email : kua.julok@gmail.com
Jumlah Penghulu : 1 Orang
Jumlah Pegawai : 5 Orang
Jumlah Penduduk : 25.584 Jiwa
Jumlah Penduduk Muslim : 25.584 Jiwa
Data/Jumlah Peristiwa
Nikah Per Tahun :
225 Pasang
Luas Tanah & Bangunan : 540 M2 & 224 M2
Status Tanah & Bangunan : Milik Kementerian Agama
A.
Kondisi Objektif KUA Kecamatan Julok
Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok pertama sekali berdiri tahun 1956 dan pada
saat itu dengan nama Kantor Djawatan Urusan Agama lalu berubah menjadi Kantor
Urusan Agama Julok. Kepala Kantor Djawatan Kecamatan Julok yang pertama adalah
Tgk. H. Ibrahim menjabat dari tahun 1965-1983. Kantor KUA Kecamatan Julok
pindah pada Kantor BHA Julok di jalan Kesehatan Samping Puskesmas Julok dengan
Status Numpang.
Seiring dengan dinamika kebutuhan kantor, kepemimpinan pada KUA Kec.
Julok telah mengalami beberapa pergantian kepala sebagai berikut:
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
MASA TUGAS
|
KET
|
1
|
Tgk. H.
Ibrahim
|
Kuta
Binjei
|
1956 s/d 1965
|
|
2
|
Tgk. Abdul
Wahab
|
Bagok
|
1965 s/d 1970
|
|
3
|
Tgk.
Djamil Al-Bayani
|
Simpang
Ulim
|
1970 s/d 1975
|
|
4
|
Tgk. H.
Alimin Hasari
|
Kuta
Binjei
|
1975 s/d 1993
|
|
5
|
Tgk. Umar
Abdullah
|
Kuta
Binjei
|
1993 s/d 2000
|
|
6
|
Drs.
Syazali
|
Peureullak
|
2000 s/d 2001
|
|
7
|
Drs.
Hasmuni
|
Sampoiniet
|
2001 s/d 2005
|
|
8
|
Drs.
Syahrul
|
Idi
|
2005 s/d 2007
|
|
9
|
Akly
Zikrullah, S.Ag
|
Idi
|
2007 s/d 2010
|
|
10
|
Khaidir,
S.Ag
|
Lhok
Nibong
|
2010 s/d 2014
|
|
11
|
Drs. Fauzi
|
Blang Pauh
Dua
|
2014 s/d 2014
|
|
12
|
Fadli,
S.Ag
|
Peudawa
|
2014 s/d Sekarang
|
B.
Letak Geografis
Berdasarkan data monografi Kecamatan Julok
Tahun 2010, wilayah KUA Kecamatan Julok
terletak pada batas wilayah sebagai berikut :
-
Sebelah
Barat berbatasan dengan Kec. Simpang Ulim dan Pante Bidari
-
Sebelah
Timur berbatasan dengan Kec. Nurussalam dan Darul Falah
-
Sebelah
Utara berbatasan dengan Kec. Simpang Ulim
-
Sebelah
Selatan berbatasan dengan Kec. Indra Makmu
C.
Kondisi Pemerintahan
Kecamatan Julok terdiri dari 4 Kemukiman dan 37 Gampong,
dengan rincian sebagai berikut :
a. Kemukiman
1) Kemukiman
Pante Geulima
2)
Kemukiman Labuhan
3)
Kemukiman Indra Jaya
4) Kemukiman
Julok Cut
b. Gampong-gampong.
1) Seuneubok Rambong
2) Ladang Baro
3) Keumuneng
4) Paya Bakong
5) Seuneubok Baro
6) Teupin Raya
7) Buket Panyang
8) Blang Keumahang
9) Blang Jambe
10) Lhok Rambong
11) Blang Mideun
12) Julok Tunong
13) Ulee Ateung
14) Ulee Blang
15) Labuhan
16) Naleung
17) Mane
Ramphak
18) Matang
19) Blang Uyok
20) Blang Pauh Sa
21) Blang Pauh Dua
22) Ulee Tanoh
23) Keude Kuta Binjei
24) Buket Seuraja
25) Kuala Geulumpang
26) Simpang Lhee
27) Gampong Baro
28) Tumpok Teungoh
29) Seumatang
30) Ujong Tunong
31) Buket Dindeng
32) Paya Pasi
33) Alue Cek Doi
34) Blang Gleum
35) Tanjong Tok Blang
36) Buket Makmu
37) Lhok Sentang
D.
Jumlah Penduduk
E. Data Tanak Wakaf
F . Data Jama’ah Haji
G. Data Keluarga Sakinah
H. Data Masjid
I. Jumlah NTCR Tahun 2016 s/d 2018
J. Data Qurban Tahun 2017
DATA QURBAN
|
||||||
DALAM
WILAYAH KECAMATAN JULOK TAHUN 2017
|
||||||
KABUPATEN
ACEH TIMUR
|
||||||
NO
|
GAMPONG
|
HEWAN
QURBAN
|
||||
KERBAU
|
LEMBU
|
KAMBING
|
DOMBA
|
KET
|
||
1
|
BLANG KEUMAHANG
|
2
|
5
|
|||
2
|
BLANG JAMBEE
|
3
|
3
|
|||
3
|
KEUMUNENG
|
1
|
2
|
|||
4
|
LADANG BARO
|
2
|
4
|
|||
5
|
BUKET PANYANG
|
4
|
||||
6
|
SEUNEUBOK RAMBONG
|
2
|
4
|
|||
7
|
SEUNEUBOK BARO
|
3
|
||||
8
|
BLANG MIDEUN
|
3
|
2
|
|||
9
|
PAYA BAKONG
|
2
|
2
|
|||
10
|
TEUPIN RAYA
|
2
|
2
|
|||
11
|
LHOK RAMBONG
|
3
|
4
|
|||
12
|
JULOK TUNONG
|
1
|
3
|
|||
13
|
ULEE ATEUNG
|
1
|
||||
14
|
ULEE BLANG
|
2
|
||||
15
|
LABUHAN
|
2
|
4
|
|||
16
|
NALEUNG
|
1
|
4
|
|||
17
|
MANE RAMPHAK
|
2
|
3
|
|||
18
|
MATANG
|
3
|
2
|
|||
19
|
BLANG UYOK
|
4
|
3
|
|||
20
|
BLANG PAUH SA
|
4
|
1
|
|||
21
|
BLANG PAUH DUA
|
4
|
2
|
|||
22
|
ULEE TANOH
|
2
|
2
|
|||
23
|
KEUDE KUTA BIJEI
|
2
|
||||
24
|
BUKET SEURAJA
|
1
|
3
|
|||
25
|
KUALA GEULUMPANG
|
1
|
3
|
|||
26
|
SIMPANG LHEE
|
1
|
2
|
|||
27
|
TUMPOK TEUNGOH
|
1
|
2
|
|||
28
|
SEUMATANG
|
1
|
3
|
|||
29
|
UJONG TUNONG
|
2
|
2
|
|||
30
|
BUKET DINDENG
|
2
|
2
|
|||
31
|
PAYA PASI
|
1
|
||||
32
|
ALUE CEK DOI
|
2
|
||||
33
|
BLANG GLEUM
|
1
|
2
|
|||
34
|
TANJONG TOK BLANG
|
1
|
3
|
|||
35
|
BUKET MAKMU
|
1
|
1
|
|||
36
|
GAMPONG BARO
|
2
|
2
|
|||
37
|
LHOK SEUNTANG
|
2
|
2
|
|||
JUMLAH
|
79
|
79
|
K. Data Inventaris Kantor
DATA INVENTARIS KANTOR
|
|||||||
NO
|
NAMA BARANG
|
KODE BRG
|
IDENTITAS
BARANG
|
KET
|
|||
Merk/Type
|
Thn Prlh
|
Jumlah
|
|||||
01. Ruang Administrasi
|
|||||||
1
|
Meja Coklat Kecil
|
3050201002
|
2018
|
4
|
|||
2
|
Meja Komputer
|
3050201009
|
Pro Design
|
2012
|
1
|
||
3
|
Kipas Angin
|
3050204006
|
Maspion
|
2000
|
1
|
||
4
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
Chitose
|
2018
|
8
|
||
5
|
Televisi
|
3050206002
|
Samsung
|
2012
|
1
|
||
6
|
Digital Receiver
|
3060101092
|
Matrik
Bulger
|
2018
|
1
|
||
7
|
Jam Elektronik
|
3050202003
|
Guartz
|
2017
|
1
|
||
8
|
Rak Penyimpan
|
3040104003
|
Milenium
|
2010
|
1
|
||
9
|
Papan Visual/Papan Nama
|
3050105008
|
2014
|
1
|
|||
02. Ruang Operator
|
|||||||
1
|
Kipas Angin
|
3050204006
|
Maspion
|
2000
|
1
|
||
2
|
Peralatan Jaringan Lain/Wifi
|
3100204999
|
ZTE
|
2012
|
1
|
||
3
|
Meja Kerja Kayu
|
3050201002
|
Olimpic
|
2012
|
1
|
||
4
|
Meja Komputer
|
3050201009
|
Olimpic
|
2017
|
1
|
||
5
|
CPU
|
3100203001
|
Hp Compaq
|
2008
|
1
|
Rusak
|
|
6
|
Printer
|
3100203003
|
Canon Ip
2770
|
2008
|
1
|
||
7
|
Printer
|
3100203003
|
Epson
|
2010
|
1
|
||
8
|
Laptop
|
3100102002
|
Asus
|
2013
|
1
|
||
9
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
Chitose
|
2018
|
1
|
||
10
|
Brandkas
|
3050104007
|
Unital
|
2018
|
1
|
||
03. Ruang Arsip
|
|||||||
1
|
Lemari Besi/Metal
|
3050104001
|
Mustang
|
2018
|
2
|
||
2
|
Filing Cabinet Besi
|
3050104005
|
Mustang
|
2018
|
1
|
||
3
|
Rak Penyimpan
|
3040104003
|
1983
|
1
|
|||
4
|
Meja Kerja Kayu
|
3050201009
|
Setengah
Biro
|
1983
|
2
|
||
04 Ruang Tunggu/Tamu
|
|||||||
1
|
Meja Coklat Kecil
|
3050201002
|
2018
|
1
|
|||
2
|
Meja Coklat Panjang
|
3050201002
|
2018
|
1
|
|||
3
|
Kursi Tamu
|
3050201003
|
The
Promouse
|
2018
|
1 Set
|
||
4
|
Keranjang Sampah
|
1010305004
|
2010
|
1
|
|||
5
|
Finger Printer
|
3060207005
|
X103C
Sulation
|
2012
|
1
|
Rusak
|
|
6
|
Jam Elektronik
|
3050202003
|
Delta
|
2005
|
1
|
||
7
|
Kursi
|
3050201003
|
Chitose
|
2018
|
5
|
||
8
|
Papan Visual/Papan Nama
|
3050105008
|
2014
|
||||
05. Ruang Tata Usaha
|
|||||||
1
|
Meja Coklat Kecil
|
3050201002
|
2018
|
1
|
|||
2
|
Meja Coklat Besar
|
3050201002
|
2018
|
1
|
|||
3
|
Kursi
|
3050201003
|
Chitose
|
2018
|
2
|
||
4
|
Filing Cabinet Besi
|
3050104005
|
Mustang
|
2018
|
1
|
||
5
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
Lock Pree
|
2010
|
1
|
||
6
|
Keranjang Sampah
|
1010305004
|
2010
|
1
|
|||
06. Ruang Wakaf
|
|||||||
1
|
Meja Coklat Besar
|
3050201002
|
2018
|
1
|
|||
2
|
Meja Coklat Kecil
|
3050201002
|
2018
|
1
|
|||
3
|
Filing Cabinet Besi
|
3050104005
|
Mustang
|
2018
|
1
|
||
4
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
Chitose
|
2018
|
1
|
||
5
|
Computer
|
3080141194
|
Hp
|
2014
|
1
|
||
6
|
Printer
|
3100203003
|
Brother
|
2014
|
1
|
||
7
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
2008
|
1
|
|||
8
|
Kipas Angin
|
3050201003
|
Maspion
|
2008
|
1
|
||
07. Ruang Penyuluh
|
|||||||
1
|
Filing Cabinet Besi
|
3050104005
|
Mustang
|
1982
|
1
|
||
2
|
Meja Coklat Kecil
|
3050201002
|
2018
|
1
|
|||
3
|
Kursi Tamu
|
3050201003
|
2000
|
1 Set
|
|||
4
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
Chitose
|
2018
|
1
|
||
08. Ruang Kepala
|
|||||||
1
|
Meja Coklat Besar
|
3050201002
|
2018
|
4
|
|||
2
|
Kursi Tamu
|
3050201003
|
Vivo
|
2018
|
1 Set
|
||
3
|
Lemari
|
3050104001
|
Mustang
|
2018
|
1
|
||
4
|
AC
|
3150405006
|
LG
|
2014
|
1
|
||
5
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
Lock Pree
|
2018
|
1
|
||
6
|
Lemari Kayu
|
3050104002
|
2018
|
1
|
|||
09. Ruang Manasik Haji/Keluarga Sakinah
|
|||||||
1
|
Meja Kerja Kayu
|
3050201002
|
2018
|
4
|
|||
2
|
Kursi Besi/Metal
|
3050201003
|
Chitose
|
2018
|
8
|
||
3
|
Kursi Tamu
|
3050201003
|
2008
|
1 Set
|
|||
4
|
Papan Visual/Papan Nama
|
3050105008
|
2014
|
1
|
|||
10. Ruang Nikah
|
|||||||
1
|
Pelaminan
|
3050201003
|
2018
|
1 Set
|
BAB III
STRUKTUR
KANTOR URUSAN AGAMA
KECAMATAN JULOK
1.
Struktur Organisasi
2.
Nama-nama Pegawai dan Staf pada KUA Kec. Julok
3.
Biodata Kepala
1.
Nama Lengkap : FADLI, S.Ag
2.
NIP : 19780611 200212 1 002
3.
Pangkat/Gol : Pembina/ IV.a
4.
Tempat/Tgl.Lahir : Peudawa
Puntong, 11 Juni 1978
5.
Pekerjaan/Jabatan : Penghulu
Madya / Kepala KUA Kec. Julok Kab. Aceh Timur
6.
Jenis Kelamin : Laki-Laki
7.
Agama : Islam
8.
Kebangsaan/ Suku : Indonesia/ Aceh
9.
Alamat : Jln. Banda Aceh-Medan Km. 381, Gampong
Seuneubok Peunteut
10.
Isteri : Rita
Hendriani, S.Pd.I
11. Nama Orang Tua dan Mertua :
Ayah : Tgk. M. Yusuf Hasan (almarhum).
Ibu :
Afifah(almarhumah).
Mertua :
Mahyiddin
Ibu Mertua :
Khatijah
12. Riwayat Pendidikan
a.
SD Negeri Peudawa
Puntong, 1990
b.
MTsS Ulumul Qur’an
Langsa, 1993
c.
MA Ulumul Qur’an Langsa,
1996
d.
S I IAIN AR-RANIRY
Fakultas Syariah, Jur Muamalah Wal-Iqtisat, 2001
13.
Riwayat Pekerjaan/Jabatan
a.
CPPN Pada KUA Kec. Banda
Alam 2002 s/d 2004
b.
Kepala KUA Kec. Banda
Alam 2004 s/d 2006
c.
Kepala KUA Kec. Peudawa
2006 s/d 2012
d.
Kepala KUA Kec. Darul
Ikhsan 2012 s/d 2014
e.
Kepala KUA Kec. Nurussalam
2014 s/d 2014
f.
Kepala KUA Kec. Julok
2014 s/d Sekarang
14. Riwayat Pelatihan/Diklat Administrasi
a. Diklat Prajab Golongan III Badan Diklat Provinsi
Aceh, Tahun 2003.
b. Diklat Pelayanan PPN/ Wakil PPN,Balai Diklat Pegawai Teknis
Keagamaan Medan, 2004.
c. Diklat Kepemimpinan IV , Balai Diklat
Keagamaan Medan, 2010
d. Diklat Di tempat Kerja (DDTK) Penyusunan
LAKIP balai Diklat Keagamaan Medan, 2010
e. Diklat Calon Penghulu, Balai Diklat
Keagaamaan Medan, 2012.
f.
Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kopetensi Hisab Ruykyat, Balai
Diklat Keagaam Medan, 2013
g. Diklat Subtantif Peningkatan Kopentensi Penyelenggaraan Wakaf, Balai
Diklat Keagamaan Medan, 2013
h. Diklat Teknis Fungsional Peningkatan
Kopetensi Penghulu Muda, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan da Keagamaan Badan
Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Jakarta,2014
i.
Diklat
Teknis Subtabtif Peningkatan Kopetensi Pembina Takmir Mesjid, Balai Diklat
Keagamaan Provinsi Aceh,Medan, 2015
15.
Prestasi :
a.
Juara II KUA Teladan
Tingkat Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017
b.
Juara I KUA Teladan
Tingkat Kabupaten Aceh Timur Tahun 2018
c.
Juara II Baca Kitab
Kuning Bagi Penghulu Tingkat Kabupaten Aceh Timur
16. Pelatihan, Kursus dan Seminar
yang pernah diikuti :
·
Peserta Workshop Penilai Angka Kredit jabatan Fungsional Penghulu, Banda
Aceh, 2018
·
Peserta Konsolidasi Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Tentang Penanganan
Korban Aliran Keagamaan, Langsa, Tahun 2017
·
Peserta Orientasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan
Pembangunan Keluarga (KKBPK),Langsa 2017
·
Peserta Rakor KUA Kecamatan se -Aceh, Banda Aceh, 20016
·
Peserta Seminar Internasional Pemberdayaan Ekonomi Mesjid Dan Workshop
Manajemen dan Akutansi Mesjid,Medan, 20015
·
Peserta The Firs International Conference on shariah oriented public
policy in Islamic economi system, Banda Aceh 2015
·
Peserta Kegiatan sosialisasi Penyelenggara Ibadah Haji Untuk Kepala KUA,
Langsa 2015
·
Peserta Seminar Nasional “ Menyoroti dua dasawarsa lembaga keuangan
syariah di Indonesia dalam pusaran Global” STAN Zawiyah Cot Kala Langsa Tahun
2014.
·
Peserta Pembinaan peningktan kualitas dewan Hakim MTQ kabuapten Aceh Timur, 2014
·
Pemateri pada pelatihan Remaja Mesjid Sekecamatan Julok, 2013
·
Pemateri pada pelatihan Remaja Mesjid Sekecamatan Indra Makmue, 2013
·
Peserta Seminar Nasional “ Hukum, Moralitas dan Hak Azasi Manusia dalam
Perspektif Islam, STAN Zawiyah Cot Kala
Langsa Tahun 2013
·
Peserta Kegiatan Orientasi Jabatan
Fungsional, Banda Aceh, 2013
·
Peserta Kegiatan Sosialisasi
Pancasila, UUD Negara Repblik Indonesia Tahun 1945, MKRI, dan Bhinneka tunggal
Ika
·
Peserta Kegiatan Orientasi Pembinaa Tugas dan Fungsi dan Angka Kredit
Penghulu, Banda Aceh, 2013
·
Peserta pembinaan Administrasi pada KUA Kecamatan , Idi, 2013
·
Peserta RAKOR Bidang Urais se Propinsi Aceh, Tapak Tuan, 2011
·
Peserta Pembekalan dan Pembinaan Keluarga dalam Syariat Islam Se Aceh,
Banda Aceh, 2011
·
Perserta Pelatihan Peningkatan
Kapasitas Forum Lembaga Keagamaan dalm Pelksanaan Syariat Islam, 2011
·
Peerta Rakor Bidang Urais Se Provinsi Aceh, Banda Aceh, 2011
·
Peserta Rakor Kasie Urais Dan Kepala KUA Kecamata Se Provinsi Aceh,
Takengon, 2010
·
Peserta Sosilisasi Pencegahan Bahaya Narkoba Untuk Remaja Mesjid Se-
Aceh, Banda Aceh, 2009
·
Peerta Seminar Nasional
Pembangunan dan Kebudayaan Aceh, banda Aceh, 2009
·
Pemateri Kegitan Metode Iqra Remaja Mesjid Agung Darushalihin Aceh
Timur, Idi, 2009
·
Peserta Kegiatan pendidikan Politik bagi generasi Muda, Peureulak, 2008
·
Moderator LOKAKARYA Peran Zakat dalam mengentaskan Kemiskinan dan
pemberdayaan Ummat, Idi 2008
·
Panitia Seminar Berbahasa Arab, Idi 2008
·
Peserta Pelatihan Teknologi Informasi (IT), Banda Aceh, 2008
·
Peserta Seminar Publik peningkatan
Pemahaman Masyarakat Tentang Hukum Adat Aceh, Lhokseumawe, 2008
·
Peserta Pelatihan had Succesfully passsed the Examinition Compiter in
Idi, 2008
17.
Piagam PerhagaanTanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia Menganugrahkan
“Satyalancana Karya Satya X tahun , 2015
4.
Job Deskription KUA
6.
Kode Etik Pegawai Kementerian Agama
BAB IV
RENCANA KERJA DAN ALUR
PELAYANAN
1.
Rencana Kerja
A. Rencana
Kerja Kua Kecamatan Julok
Rencana Kerja Kantor Urusan Agama Kacamatan
Julok Tahun 2018-2020 disusun berdasarkan kerangka logis dan alur berpikir yang
diarahkan pada pencapaian 5 hal pokok yang menjadi tugas dan tanggung jawab
Kantor Kementerian Agama dalam penyelenggaraan pembangunan bidang agama, yaitu
1. Peningkatan kualitas kehidupan beragama
2. Peningkatan kerukunan umat beragama
3. Peningkatan kualitas pendidikan agama dan
pendidikan keagamaan
4. Peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji
5. Penciptaan tata kelola kepemerintahan yang
bersih dan berwibawa.
Program peningkatan kualitas kehidupan beragama
KUA Kecamatan Julok pada tahun 2018-2020
diarahkan untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan keagamaan pada
masyarakat Kecamatan Julok yang
dilakukan melalui upaya sebagai berikut :
a. Memantapkan fungsi, peran dan kedudukan agama
sebagai landasan moral, spiritual dan etika dalam penyelenggaraan pemerintah;
b. Meningkatkan peran alim ulama dan tokoh
masyarakat sebagai penjaga sekaligus pembina akhlak dan moral masyarakat baik
melalui media dakwah maupun sarana pendidikan keagamaan lainnya.
c. Meningkatkan dan memantapkan kerukunan umat
beragama sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis dan saling
menghormati dalam semangat kebersamaan melalui dialog antar umat beragama;
d. Meningkatkan kemudahan umat dalam menjalankan
ibadahnya, termasuk penyempurnaan kualitas pelaksanaan ibadah haji dan
pengelolaan zakat dengan memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat
untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraannya;
e. Meningkatkan peran dan fungsi lembaga-lembaga
keagamaan dalam ikut mengatasi dampak perubahan yang terjadi di semua aspek
kehidupan untuk memperkokoh jati diri dan kepribadian serta memperkuat
kerukunan hidup masyarakat.
Dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja
Instansi Pemerintah (SAKIP) penyusunan Rencana Kerja merupakan langkah awal
yang harus dilakukan oleh setiap instansi pemerintah agar mampu menjawab
tuntutan lingkungan strategis lokal, nasional, regional, dan global dengan
tetap berada dalam tatanan Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik
Indonesia. Melalui pendekatan perencanaan strategis yang jelas dan sinergis
instansi pemerintah lebih dapat menyeleraskan visi dan misinya dengan potensi,
peluang, dalam upaya peningkatan akuntabilitas kinerja. Penyusunan Rencana
Kerja meliputi penyusunan Visi, Misi, Mota Pelayanan, Kebijakan dan program
Kerja
B.
Visi, Misi, Motto Pelayanan
Tabel
Kebijakan dan program kerja KUA Kecamatan
Julok
Kebijakan
dan Program Kerja
|
Keterangan
|
|
Kebijakan
|
Program
|
|
4
|
5
|
6
|
1. Meningkatkan
SDM dalam hal pelayanan NR
2. Meningkatkan
tertib administrasi dan sistem pelayanan NR
|
1. Program
peningkatan SDM dalam pelayanan NR
2. Program
peningkatan tertib administrasi dan sistem pelyanan nikah dan rujuk
|
|
3. Menyiapkan
SDM
4. Meningkatkan
sarana dan prasarana yang memadai
|
3. Program
peningkatan kualitas SDM
4. Program
Pengadaan sarana dan prasarana yang memadai
|
|
5. Meningkatkan
pembinaan dan kualitas keluarga sakinah yang mandiri
|
5. Program
peningkatan pembinaan keluarga sakinah dan pemberdayaan kemandirian masyarakat
|
|
6. Meningkatkan
pembinaan pengelolaan masjid, zakat, wakaf, baitul maal, umat dan ibsos yang
profesional dan produktif
|
6. Program
peningkatan pembinaan pengelolaan masjid, zakat, wakaf, baitul maal, dan
ibsos yang profesional dan produktif
|
|
7. Meningkatkan
kualitas pemahaman masyarakat dalam bidang pangan halal, hisab rukyat,
kemitraan umat dan kerukunan umat beragama
|
7. Peningkatan
kualitas pemahaman masyarakat dalam bidang pangan halal, hisab rukyat,
kemitraan umat dan kerukunan umat beragama
|
|
8. Meningkatkan
kualitas bimbingan manasik haji
|
8. Program
pembinaan dan pemberdayaan jamaah haji
|
C. Rencana Kinerja
Pada poin ini disajikan rencana kinerja KUA
Kecamatan Julok tahun 2018-2020. Program Kerja yang akan direalisasikan dalam
bentuk kegiatan sesuai dengan kemampuan yang ada, baik kemampuan Sumber Daya
Manusia maupun Sumber Dana yang ada di KUA Kecamatan Julok sebagai berikut:
1. Peningkatan kualitas
pelayanan NR dan kualitas SDM pelayanan dalam pencatatan nikah dan rujuk., dengan sasaran yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
Ø Memberikan pelayanan Nikah dan Rujuk (NR) di
kantor dan di luar kantor secara cepat, tepat dan akurat sesuai prosedur dan
peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta diberikannya Surat Nikah
secara langsung sesaat setelah pelaksanaan kad nikah/ijab Kabul
Ø Memberikan pelayanan Rekomendasi Nikah,
Legalisasi Surat-Surat NR, Duplikat Nikah Dan Rujuk Serta Surat Keterangan lain
tentang Pernikahan
Ø Meningkatnya kualitas dan profesionalisme kerja
dan kinerja pegawai KUA
Ø Melakukan pelayanan N/R sesuai dengan SOP
Ø Melakukan pengawasan pencatatan N/R
Ø tertatanya administrasi Kantor
2. Pengumpulan dan pelaporan data, dengan sasaran yang
dicapai adalah dapat dihimpun dan diolah data-data berupa:
Ø Data model 1A – 1B
Ø Data Model F1-F17
Ø Data Kependudukan
Ø Data Pemeluk Agama
Ø Data Kepegawaian
Ø Data NR
Ø Data Masjid dan Meunasah
Ø Data Sertifikasi Tanah Wakaf
Ø Data Jamaah Haji
Ø Data lainnya
3. Peningkatan Kualitas Pembinaan Keluarga Sakinah, dengan sasaran sebagai berikut:
Ø Penataran calon pengantin dan pengantin baru
Ø Penyuluhan UU No. Tahun 1974 Tentang Perkawinan
dan Kompilasi Hukum Islam
Ø Membentuk Kader Keluarga sakinah
Ø Identifikasi keluarga pra sakinah, sakinah I,
Sakinah II, sakinah III dan Sakinah III Plus
Ø Konseling masalah pernikahan
4. Pengumpulan pengolahan dokumentasi peraturan
perundang-undangan Sasaran yang dicapai adalah Terkumpulnya seluruh peraturan
perundang-undangan yang berkenaan dengan tugas-tugas KUA Kecamatan
5. Meningkatkan tertib administrasi, dengan sasaran yang dicapai adalah
Pengelolaan administrasi NR dan Tata persuratan kantor yang sesuai dengan
ketentuan serta komputerisasi data dan laporan berbasis penggunaan teknologi
informasi
6. Sosialisas dan Optimalisasi penerimaan Zakat
Infaq Shadaqah serta Wakaf, dengan sasaran
sebagai berikut :
Ø Meningkatkan kesejahteraan asnaf
Ø Pengumpulan, pengelolaan, pendistribusian dan
pendayagunaan ZIS secara efektif dan efisien
Ø Terdatanya tanah wakaf
Ø Pengusulan sertifikasi tanah wakaf
Ø Pengusulan bantuan sertifikasi tanah wakaf
Ø Terselesaikannya masalah perwakafan di
masyarakat
Ø Meningkatnya kualitas pengelolaan dan manajemen
wakaf di masyarakat
Ø Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berwakaf
baik dari segi kualitas maupun kuantitas
7. Penerangan Agama Islam, dengan sasaran sebagai
berikut :
Ø Terdatanya jumlah penduduk agama Islam
Ø Terdatanya jumlah masjid, musholla & langgar
Ø Menyelenggarakan penyuluhan agama Islam di
masyarakat
Ø Meningkatnya kesadaran beragama dan kualitas
keagamaan di masyarakat
Ø Meningkatnya kualitas dan kuantitas ibadah
sosial di masyarakat
8. Pendidikan Agama Islam, dengan sasaran sebagai
berikut :
Ø Terdatanya tempat penyelenggaraan (sekolah)
pendidikan Islam dan siswa-siswi , pengajar pendidikan Islam (TPQ, ponpes,
madin, dll)
Ø Menyelenggarakan penyuluhan dibidang pendidikan
agama Islam di masyarakat
Ø Meningkatnya kualitas pendidikan Islam di
masyarakat
9. Hisab Rukyat, dengan sasaran sebagai berikut :
Ø Penentuan arah kiblat dan koreksi arah kiblat
untuk semua tempat ibadah Islam diwilayah Kecamatan Julok.
Ø Sertifikasi arah kiblat semua tempat ibadah
Islam di wilayah Kecamatan Julok
Ø Pembinaan hisab rukyat mengenai penentuan awal
ramadhan dan penentuan tanggal 1 syawal
Ø Pembinaan hisab rukyat mengenai pembuatan dan
penentuan penanggalan berdasar system kalender hijriyah
Ø Pembinaan hisab rukyat mengenai penentuan waktu
shalat
10. Sertifikasi Produk Halal, dengan sasaran sebagai
berikut :
Ø Adanya inventarisasi produk halal.
Ø Terlaksananya sosialisasi pencantuman label
halal kepada produsen
Ø Terlaksananya sosialisasi pentingnya penggunaan
dan konsumsi label halal kepada masyarakat dalam mengkonsumsi produk
Ø Terlaksananya Pelatihan penyembelihan hewan
halal
Ø Keluarnya sertifikasi produk halal dari
LPPOM-MUI
11. Bimbingan
Manasik Haji, dengan sasaran sebagai berikut:
Ø Meningkatnya Pelayanan Penyelenggaraan Haji
Ø Meningkatnya Kualitas binsik bagi calon jema’ah
Haji
Ø Meningkatnya Kualitas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji.
2.
Alur Pelayanan
A. Standart Pelayanan
B. Maklumat Pelayanan
C.
Standar Operasional Pelayanan (SOP)
1)
SOP Surat Masuk
2)
SOP Surat Keluar
3)
SOP Wakaf
4)
SOP Manasik Haji
5)
SOP Suscatin
6)
SOP Pendataan Zakat Fitrah dan Qurban
7)
SOP Duplikat Akta Nikah
8)
SOP Administrasi Rekomendasi Nikah
9)
SOP Laporan Nikah
D.
Prosedur Pendaftaran Nikah
E.
Alur Pelayanan Nikah
F.
Mekanisme Persiapan, Pendaftaran dan Pencatatan
Nikah
G.
Biaya Pencatatan Nikah dan Rujuk
H.
Prosedur Pelayanan Pengukuran/Verifikasi Arah Kiblat
I.
Tata Cara Pendaftaran Haji
J.
Alur Pelayanan Wakaf
K.
Proses Sertifikasi Tanah Wakaf
BAB V
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Menjadi Juara dalam sebuah perlombaan bukanlah
tujuan utama, itu hanya pemicu agar semangat kerja dan berbakti kepada
masyarakt tetap terus hidup. Keberhasilan yang selama ini di capai oleh Kantor
Urusan Agama Kecamatan Julok pada hakekatnya adalah kerja sama dan
partisipasi aktif berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah ini, tanpa ini
semua mustahil semua ini bisa terealisasi. Kekurangan dan kelemahan
memang tidak bisa dihindari namun harus segera dibenahi dan dicarikan jalan
keluarnya.
Secara geografis letak KUA Kecamatan Julok sangat strategis,
karena berada di tengah-tengah Kota Kuta Binjei. KUA yang
mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dibidang Urusan Agama Islam dalam wilayah Kecamatan
adalah tidak bisa lepas dari peran Muspika, Tokoh dan masyarakat setempat.
Secara keseluruhan tugas pokok dan fungsi yang diembankan
serta program kerja yang akan dilaksanakan, agar dapat dijalankan dengan baik dan terarah dengan
bekerjasama segenap unsur terkait yang
akan tercipta suasana yang kondusif dan
harmonis.
B. Saran-saran
Mengingat luasnya wilayah kerja maka kami mengharapkan
adanya kendaraan dinas untuk
memudahkan pelayanan kepada
Masyarakat.
Demikian profil ini di
susun, sekedar mengambarkan apa adanya keadaan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan
Julok, Mudah – mudahan hasil yang telah dicapai selama ini semakin memacu
semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
PROFIL KUA KECAMATAN JULOK
Reviewed by KUA KECAMATAN JULOK
on
Juni 25, 2018
Rating:

good job, sukses troooos
BalasHapus