PROFIL KUA KECAMATAN JULOK


KATA PENGANTAR

Segala puji hanyalah bagi Allah SWT. Yang telah melimpahkan Rahmat dan Nikmat kepada kita sehingga kita dapat menjalankan aktifitas kita sehari-hari. Shalawat dan salam Semoga Allah SWT limpahkan selamanya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan para sahabatnya serta seluruh umatnya yang setia memperjuangkan kebenaran dan menegakkan syiar Islam secara konsisten sampai akhir zaman.

Kantor Urusan Agama merupakan satu dari sekian banyak organisasi yang merupakan unit kerja dilingkungan Kementerian Agama. KUA mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten dibidang urusan agama Islam dalam wilayah Kecamatan. Maka secara hirarkis, dalam struktur Kementerian Agama, KUA merupakan unit kerja paling dekat dengan masyarakat.

Alhamdulillah, berkat izin dan rahmat Allah SWT, kami dapat menyusun Profil KUA Kecamatan Julok yang jauh dari kesempurnaan. Namun walau demikian semoga hal ini bermanfaat khususnya bagi kami yang pada tahun 2018 ini mendapat predikat KUA Percontohan terbaik palayanan ditingkat Kabupaten Aceh Timur sekaligus mendapat kehormatan untuk mengikuti seleksi Kantor Urusan Agama Percontohan tingkat Propinsi yang mudah-mudahan hal ini dapat memicu kami untuk menciptakan Kantor Urusan Agama sebagai tempat melayani masyarakat dengan pelayanan yang prima.

Kami menyadari sepenuh hati atas segala kekurangan yang kami miliki dalam penyusunan profil ini. Hal ini tiada lain hanyalah karena keterbatasan kemampuan kami. 
Dengan segala ketulusan hati, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Dan mohon do’a restu dari semua pihak semoga KUA kecamatan Julok menjadi KUA percontohan tingkat Privinsi dan menjadi suri tauladan bagi KUA yang lainnya.

                                                                                       Julok, 2018 
                                                                                                   Kepala
                                                                                                   
                                                                                                   Dto

                                                                                                   FADLI, S.Ag
                                                                                                   Nip. 19780611 200212 1 002




BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
            KUA Kecamatan sebagai unit teknis terdepan memiliki posisi dan kedudukan yang sangat penting dalam rangka pencitraan Kementerian Agama secara menyeluruh di mata masyarakat. KUA merupakan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam pada tingkat Kecamatan yang memiliki cakupan tugas pelayanan yang sangat luas.

Sebagai salah satu unit pelayanan publik, KUA dituntut mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, meliputi pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk; Penyususnan statistik dokumentasi dan pengelolaan system informasi manajemen KUA; Melaksanakan tata usaha dan rumah tangga KUA; Pelayanan bimbingan keluarga sakinah, Kemasjidan, bimbingan syariah, serta penyelenggaraan fungsi lain dibidang agama Islam yang ditugaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Mengingat besarnya tugas dan fungsi tersebut, KUA harus meningkatkan profesionalismenya dalam melayani masyarakat, untuk itu perlu mendapat perhatian dalam pembinaan, evaluasi, dan penilaian kinerja seluruh unsur yang ada di dalamnya. Sehubungan dengan hal tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pencapaian pelayanan pada KUA Kecamatan diperlukan penilaian kinerja KUA Kecamatan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Kantor Urusan Agama Kecamatan yang sering disingkat dengan KUA Kec  merupakan salah satu lembaga jajaran Kementerian Agama yang paling terdepan dan sering dijuluki sebagai ujung tombak Kementerian Agama karena keberadaannya disetiap kecamatan diseluruh pelosok Tanah Air. Di Indonesia Kantor Urusan Agama Kecamatan  lahir sejak 1929 yang diatur dalam huwelijksordonantie S.1929 No.248 jo.S.1931 No.467 dan telah disampurnakan dua kali yaitu S.1933 No.98 dan S.1932 No.428  yaitu sebuah  peraturan  yang mengatur tentang Pencatatan Nikah, Thalak, Cerai dan Rujuk masa penjajahan belanda. Pada Tanggal 21 Nopember 1946 Pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1946 tentang Pencatatan Nikah, Thalak Cerai dan Rujuk dan mencabut Statblat 1929 No.248 jo.S.1931 No.467 dan telah  S.1933 No.98 dan S.1932 No.428 karena tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Dalam UU No 22 Tahun 1946 Kantor Urusan Agama Kecamatan diberi nama Kantor Jawatan Agama Kecamatan sedangkan untuk untuk Kantor Kementerian Agama Wilayah dan Kabupaten  diberi nama Kantor Jawatan Agama Daerah.

            Pada Tanggal 2 Januari 1974 Pemerintah Indonesia mengeluarkan UU No.1 Tahun 1974  tentang perkawinan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia 9 Tahun 1975 tentang peraturan pelaksana UU No.1 Tahun 1974 dan mulai saat itu Kantor Jawatan Agama Kecamatan diganti dengan Kantor Urusan Agama Kecamatan yang bertugas melaksanakan sebagian tugas-tugas Kementerian Agama Meliputi Nikah & Rujuk, Keluarga Sakinah, Zawaibsos, Haji, Pembinaan Penyuluh Agama, Produk Halal, Kemitraan Antar Ummat Beragama, Penentuan Arah Kiblat (KMA No.517/2001)

B. Dasar Hukum
Penyusunan profil KUA Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur yang memuat gambaran umum tentang pelaksanaan tugas dan fungsi KUA Kecamatan Julok didasarkan pada ketentuan tugas dan fungsi KUA Kecamatan itu sendiri dan dukungan dari intansi vertikal yang berwenang dalam pembinaan rutin dalam bentuk kegiatan penilaian atas KUA percontohan yang berpijak pada peraturan yang berlakusebagai berikut:

1.      Undang-Undang RI No. 22 tahun 1946 tentang pencatatan nikah, tolak dan rujuk.
2.      Undang-Undang RI No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan.
3.      Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama
4.       Keputusan Menteri Agama (KMA) RI No. 517 tahun 2001 tentang penataan struktur organisasi dan tata kerja KUA Kecamatan. Jo Peraturan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA.  Jo Peraturan Menteri Agama 34 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan
5.      Keputusan Menteri Agama (KMA) RI No. 373 tahun 2002 tentang Stok Kantor Wilayah Departemen Agama dan Kantor Kabupaten/Kota.
6.      Instruksi Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2000 tentang Pedoman Perbaikan Pelayanan Masyarakat di Lingkungan Departemen Agama;
7.      Instruksi Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2004 Tentang Peningkatan Pelayanan Pernikahan Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan;
8.      Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/231 tahun 2013 tentang pedoman Penilaian Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teladan.
9.      Surat kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Aceh Nomor : 3218/Kw.01.6/Ku.01.2/06/2018 tanggal 8 Juni 2018, tentang Penilaian  KUA Teladan 2018. 

C. Maksud Dan Tujuan
1.      Maksud:
Pembuatan dalam bentuk Profil Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Julok  Kabupaten Aceh Timur dimaksudkan sebagai bahan acuan dan pertimbangan bagi tim penilai KUA percontohan dalam melihat gambaran objektif Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok secara komprehensif yang meliputi perkembangan fisik bangunan, administrasi, penyelenggaraan tugas dan fungsi KUA Kecamatan Julok dalam rangka peningkatan KUA. Dengan gambaran komprehensif ini diharapkan akan mempermudah dan memperlancar tugas penilaian yang dilaksanakan oleh tim penilai KUA Teladan/percontohan. 
2.      Tujuan:
a.         Memberikan gambaran umum bagi para pelaksana Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok  tentang kondisi ril KUA Kecamatan Julok.
b.         Dapat mengetahui standar dari pola dan volume kerja yang telah dilaksanakan oleh para pelaksana Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok, sekaligus menjadi bahan evaluasi dan komparasi terhadap kemajuan yang telah dicapai oleh KUA lain yang ada di Aceh.
c.          Memberikan daya penilaian subjektif dari masing-masing personal pelaksana KUA Kecamatan Julok sehingga akan mendorong timbulnya kreatifitas dalam menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas kinerja sekaligus pula dapat memposisikan dirinya dalam perbaikan, peningkatan dan penyempurnaan hasil kerja sesuai dengan tugas yang diembannya.
d.         Memberikan rumusan global tentang apa yang telah dilaksanakan KUA Kecamatan Julok dan apa yang akan direncanakan kedepan.





BAB II
GAMBARAN UMUM KUA KECAMATAN JULOK

Nama KUA Kecamatan               : KUA Kecamatan Julok
Nama Kepala KUA                      : Fadli, S.Ag
Kabupaten/Kota                           : Aceh Timur
Provinsi                                        : Aceh
Telepon                                       : -
Fax/Email                                     : kua.julok@gmail.com
Jumlah Penghulu                        : 1 Orang
Jumlah Pegawai                          : 5 Orang
Jumlah Penduduk                        : 25.584 Jiwa
Jumlah Penduduk Muslim          : 25.584 Jiwa
Data/Jumlah Peristiwa
Nikah Per Tahun                         : 225 Pasang
Luas Tanah & Bangunan                                    : 540 M2 & 224 M2
Status Tanah & Bangunan          : Milik Kementerian Agama
      A.   Kondisi Objektif KUA Kecamatan Julok
Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok  pertama sekali berdiri tahun 1956 dan pada saat itu dengan nama Kantor Djawatan Urusan Agama lalu berubah menjadi Kantor Urusan Agama Julok. Kepala Kantor Djawatan Kecamatan Julok yang pertama adalah Tgk. H. Ibrahim menjabat dari tahun 1965-1983. Kantor KUA Kecamatan Julok pindah pada Kantor BHA Julok di jalan Kesehatan Samping Puskesmas Julok dengan Status Numpang.
Seiring dengan dinamika kebutuhan kantor, kepemimpinan pada KUA Kec. Julok telah mengalami beberapa pergantian kepala sebagai berikut:
NO
NAMA
ALAMAT
MASA TUGAS
KET
1
Tgk. H. Ibrahim
Kuta Binjei
1956 s/d 1965

2
Tgk. Abdul Wahab
Bagok
1965 s/d 1970

3
Tgk. Djamil Al-Bayani
Simpang Ulim
1970 s/d 1975

4
Tgk. H. Alimin Hasari
Kuta Binjei
1975 s/d 1993

5
Tgk. Umar Abdullah
Kuta Binjei
1993 s/d 2000

6
Drs. Syazali
Peureullak
2000 s/d 2001

7
Drs. Hasmuni
Sampoiniet
2001 s/d 2005

8
Drs. Syahrul
Idi
2005 s/d 2007

9
Akly Zikrullah, S.Ag
Idi
2007 s/d 2010

10
Khaidir, S.Ag
Lhok Nibong
2010 s/d 2014

11
Drs. Fauzi
Blang Pauh Dua
2014 s/d 2014

12
Fadli, S.Ag
Peudawa
2014 s/d Sekarang


    B.    Letak Geografis
Berdasarkan data monografi Kecamatan Julok Tahun 2010, wilayah KUA Kecamatan Julok  terletak pada batas wilayah sebagai berikut :
-      Sebelah Barat berbatasan dengan Kec. Simpang Ulim dan Pante Bidari
-      Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Nurussalam dan Darul Falah
-      Sebelah Utara berbatasan dengan Kec. Simpang Ulim
-      Sebelah Selatan berbatasan dengan Kec. Indra Makmu
    C.   Kondisi Pemerintahan
Kecamatan Julok terdiri dari 4 Kemukiman dan 37 Gampong, dengan rincian sebagai berikut :
a.       Kemukiman
1)     Kemukiman Pante Geulima
2)     Kemukiman Labuhan
3)     Kemukiman Indra Jaya
4)     Kemukiman Julok Cut
b.       Gampong-gampong.
1)       Seuneubok Rambong
2)       Ladang Baro
3)       Keumuneng
4)       Paya Bakong
5)       Seuneubok Baro
6)       Teupin Raya
7)       Buket Panyang
8)       Blang Keumahang
9)       Blang Jambe
10)     Lhok Rambong
11)     Blang Mideun
12)     Julok Tunong
13)     Ulee Ateung
14)     Ulee Blang
15)     Labuhan
16)     Naleung
17)     Mane  Ramphak
18)     Matang
19)     Blang Uyok
20)     Blang Pauh Sa
21)     Blang Pauh Dua
22)     Ulee Tanoh
23)     Keude Kuta Binjei
24)     Buket Seuraja
25)     Kuala Geulumpang
26)     Simpang Lhee
27)     Gampong Baro
28)     Tumpok Teungoh
29)     Seumatang
30)     Ujong Tunong
31)     Buket Dindeng
32)     Paya Pasi
33)     Alue Cek Doi
34)     Blang Gleum
35)     Tanjong Tok Blang
36)     Buket Makmu
37)     Lhok Sentang




   D.    Jumlah Penduduk

    E.    Data Tanak Wakaf


   F .    Data Jama’ah Haji

    G.   Data Keluarga Sakinah



    H.   Data Masjid

    I.     Jumlah NTCR Tahun 2016 s/d 2018

J.     Data Qurban Tahun 2017
DATA QURBAN
DALAM WILAYAH KECAMATAN JULOK TAHUN 2017
KABUPATEN ACEH TIMUR
NO
GAMPONG
HEWAN QURBAN
KERBAU
LEMBU
KAMBING
DOMBA
KET
1
BLANG KEUMAHANG

2
5


2
BLANG JAMBEE

3
3


3
KEUMUNENG

1
2


4
LADANG BARO

2
4


5
BUKET PANYANG

4



6
SEUNEUBOK RAMBONG

2
4


7
SEUNEUBOK BARO

3



8
BLANG MIDEUN

3
2


9
PAYA BAKONG

2
2


10
TEUPIN RAYA

2
2


11
LHOK RAMBONG

3
4


12
JULOK TUNONG

1
3


13
ULEE ATEUNG

1



14
ULEE BLANG

2



15
LABUHAN

2
4


16
NALEUNG

1
4


17
MANE RAMPHAK

2
3


18
MATANG

3
2


19
BLANG UYOK

4
3


20
BLANG PAUH SA

4
1


21
BLANG PAUH DUA

4
2


22
ULEE TANOH

2
2


23
KEUDE KUTA BIJEI

2



24
BUKET SEURAJA

1
3


25
KUALA GEULUMPANG

1
3


26
SIMPANG LHEE

1
2


27
TUMPOK TEUNGOH

1
2


28
SEUMATANG

1
3


29
UJONG TUNONG

2
2


30
BUKET DINDENG

2
2


31
PAYA PASI

1



32
ALUE CEK DOI

2



33
BLANG GLEUM

1
2


34
TANJONG TOK BLANG

1
3


35
BUKET MAKMU

1
1


36
GAMPONG BARO

2
2


37
LHOK SEUNTANG

2
2


JUMLAH

79
79




    K.    Data Inventaris Kantor
DATA INVENTARIS KANTOR
NO
NAMA BARANG
KODE BRG
IDENTITAS BARANG
KET
Merk/Type
Thn Prlh
Jumlah
01. Ruang Administrasi
1
Meja Coklat Kecil
3050201002

2018
4

2
Meja Komputer
3050201009
Pro Design
2012
1

3
Kipas Angin
3050204006
Maspion
2000
1

4
Kursi Besi/Metal
3050201003
Chitose
2018
8

5
Televisi
3050206002
Samsung
2012
1

6
Digital Receiver
3060101092
Matrik Bulger
2018
1

7
Jam Elektronik
3050202003
Guartz
2017
1

8
Rak Penyimpan
3040104003
Milenium
2010
1

9
Papan Visual/Papan Nama
3050105008

2014
1

02. Ruang Operator
1
Kipas Angin
3050204006
Maspion
2000
1

2
Peralatan Jaringan Lain/Wifi
3100204999
ZTE
2012
1

3
Meja Kerja Kayu
3050201002
Olimpic
2012
1

4
Meja Komputer
3050201009
Olimpic
2017
1

5
CPU
3100203001
Hp Compaq
2008
1
Rusak
6
Printer
3100203003
Canon Ip 2770
2008
1

7
Printer
3100203003
Epson
2010
1

8
Laptop
3100102002
Asus
2013
1

9
Kursi Besi/Metal
3050201003
Chitose
2018
1

10
Brandkas
3050104007
Unital
2018
1

03. Ruang Arsip
1
Lemari Besi/Metal
3050104001
Mustang
2018
2

2
Filing Cabinet Besi
3050104005
Mustang
2018
1

3
Rak Penyimpan
3040104003

1983
1

4
Meja Kerja Kayu
3050201009
Setengah Biro
1983
2

04 Ruang Tunggu/Tamu
1
Meja Coklat Kecil
3050201002

2018
1

2
Meja Coklat Panjang
3050201002

2018
1

3
Kursi Tamu
3050201003
The Promouse
2018
1 Set

4
Keranjang Sampah
1010305004

2010
1

5
Finger Printer
3060207005
X103C Sulation
2012
1
Rusak
6
Jam Elektronik
3050202003
Delta
2005
1

7
Kursi
3050201003
Chitose
2018
5

8
Papan Visual/Papan Nama
3050105008

2014


05. Ruang Tata Usaha
1
Meja Coklat Kecil
3050201002

2018
1

2
Meja Coklat Besar
3050201002

2018
1

3
Kursi
3050201003
Chitose
2018
2

4
Filing Cabinet Besi
3050104005
Mustang
2018
1

5
Kursi Besi/Metal
3050201003
Lock Pree
2010
1

6
Keranjang Sampah
1010305004

2010
1

06. Ruang Wakaf
1
Meja Coklat Besar
3050201002

2018
1

2
Meja Coklat Kecil
3050201002

2018
1

3
Filing Cabinet Besi
3050104005
Mustang
2018
1

4
Kursi Besi/Metal
3050201003
Chitose
2018
1

5
Computer
3080141194
Hp
2014
1

6
Printer
3100203003
Brother
2014
1

7
Kursi Besi/Metal
3050201003

2008
1

8
Kipas Angin
3050201003
Maspion
2008
1

07. Ruang Penyuluh
1
Filing Cabinet Besi
3050104005
Mustang
1982
1

2
Meja Coklat Kecil
3050201002

2018
1

3
Kursi Tamu
3050201003

2000
1 Set

4
Kursi Besi/Metal
3050201003
Chitose
2018
1

08. Ruang Kepala
1
Meja Coklat Besar
3050201002

2018
4

2
Kursi Tamu
3050201003
Vivo
2018
1 Set

3
Lemari
3050104001
Mustang
2018
1

4
AC
3150405006
LG
2014
1

5
Kursi Besi/Metal
3050201003
Lock Pree
2018
1

6
Lemari Kayu
3050104002

2018
1

09. Ruang Manasik Haji/Keluarga Sakinah
1
Meja Kerja Kayu
3050201002

2018
4

2
Kursi Besi/Metal
3050201003
Chitose
2018
8

3
Kursi Tamu
3050201003

2008
1 Set

4
Papan Visual/Papan Nama
3050105008

2014
1

10. Ruang Nikah
1
Pelaminan
3050201003

2018
1 Set






BAB  III
STRUKTUR KANTOR URUSAN AGAMA
KECAMATAN JULOK
   1.    Struktur Organisasi

   2.    Nama-nama Pegawai dan Staf pada KUA Kec. Julok
        


   3.    Biodata Kepala

1.        Nama Lengkap                             :  FADLI, S.Ag
2.        NIP                                                 :  19780611 200212 1 002
3.        Pangkat/Gol                                   Pembina/ IV.a
4.        Tempat/Tgl.Lahir                           :  Peudawa Puntong, 11 Juni 1978
5.        Pekerjaan/Jabatan                         :  Penghulu Madya / Kepala KUA Kec. Julok Kab. Aceh                          Timur
6.        Jenis Kelamin                                 Laki-Laki
7.        Agama                                            Islam
8.        Kebangsaan/ Suku                         Indonesia/ Aceh
9.        Alamat                                            Jln. Banda Aceh-Medan Km. 381, Gampong Seuneubok Peunteut
10.    Isteri                                              :  Rita Hendriani, S.Pd.I
11.  Nama Orang Tua dan Mertua     :
         Ayah                                              :  Tgk. M. Yusuf Hasan (almarhum).
         Ibu                                                 :  Afifah(almarhumah).
         Mertua                                          :  Mahyiddin
         Ibu Mertua                                    :  Khatijah
12. Riwayat Pendidikan
a.       SD Negeri Peudawa Puntong, 1990
b.       MTsS Ulumul Qur’an Langsa, 1993
c.       MA Ulumul Qur’an Langsa, 1996
d.       S I IAIN AR-RANIRY Fakultas Syariah, Jur Muamalah Wal-Iqtisat, 2001
13. Riwayat  Pekerjaan/Jabatan
a.       CPPN Pada KUA Kec. Banda Alam 2002 s/d 2004
b.       Kepala KUA Kec. Banda Alam 2004 s/d 2006
c.       Kepala KUA Kec. Peudawa 2006 s/d 2012
d.       Kepala KUA Kec. Darul Ikhsan 2012 s/d 2014
e.       Kepala KUA Kec. Nurussalam 2014 s/d 2014
f.        Kepala KUA Kec. Julok 2014 s/d Sekarang
14. Riwayat Pelatihan/Diklat Administrasi
a.       Diklat Prajab Golongan III Badan Diklat Provinsi Aceh, Tahun 2003.
b.       Diklat Pelayanan  PPN/ Wakil PPN,Balai Diklat Pegawai Teknis Keagamaan Medan, 2004.
c.       Diklat Kepemimpinan IV , Balai Diklat Keagamaan Medan, 2010
d.       Diklat Di tempat Kerja (DDTK) Penyusunan LAKIP balai Diklat Keagamaan Medan, 2010
e.       Diklat Calon Penghulu, Balai Diklat Keagaamaan Medan, 2012.
f.        Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kopetensi Hisab Ruykyat, Balai Diklat Keagaam Medan, 2013
g.       Diklat Subtantif Peningkatan  Kopentensi Penyelenggaraan Wakaf, Balai Diklat Keagamaan Medan, 2013
h.      Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kopetensi Penghulu Muda, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan da Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Jakarta,2014
i.         Diklat Teknis Subtabtif Peningkatan Kopetensi Pembina Takmir Mesjid, Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh,Medan, 2015
15. Prestasi :
a.       Juara II KUA Teladan Tingkat Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017
b.       Juara  I KUA Teladan Tingkat Kabupaten Aceh Timur Tahun 2018
c.       Juara II Baca Kitab Kuning Bagi Penghulu Tingkat Kabupaten Aceh Timur
16. Pelatihan, Kursus dan  Seminar yang pernah diikuti :
·         Peserta Workshop Penilai Angka Kredit jabatan Fungsional Penghulu, Banda Aceh, 2018
·         Peserta Diskusi Publik Tentang Perlukah Hukuman Cambuk Di Dalam Lapas, Banda Aceh, 2018
·         Peserta Konsolidasi Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Tentang Penanganan Korban Aliran Keagamaan, Langsa, Tahun 2017
·         Peserta Orientasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),Langsa 2017
·         Peserta Rakor KUA Kecamatan se -Aceh, Banda Aceh, 20016
·         Peserta Seminar Internasional Pemberdayaan Ekonomi Mesjid Dan Workshop Manajemen dan Akutansi Mesjid,Medan, 20015
·         Peserta The Firs International Conference on shariah oriented public policy in Islamic economi system, Banda Aceh 2015
·         Peserta Kegiatan sosialisasi Penyelenggara Ibadah Haji Untuk Kepala KUA, Langsa 2015
·         Peserta Seminar Nasional “ Menyoroti dua dasawarsa lembaga keuangan syariah di Indonesia dalam pusaran Global” STAN Zawiyah Cot Kala Langsa Tahun 2014.
·         Peserta Pembinaan peningktan kualitas dewan Hakim MTQ  kabuapten Aceh Timur, 2014
·         Pemateri pada pelatihan Remaja Mesjid Sekecamatan Julok, 2013
·         Pemateri pada pelatihan Remaja Mesjid Sekecamatan Indra Makmue, 2013
·         Peserta Seminar Nasional “ Hukum, Moralitas dan Hak Azasi Manusia dalam Perspektif Islam,  STAN Zawiyah Cot Kala Langsa Tahun 2013
·         Peserta Kegiatan Orientasi Jabatan  Fungsional, Banda Aceh, 2013
·         Peserta  Kegiatan Sosialisasi Pancasila, UUD Negara Repblik Indonesia Tahun 1945, MKRI, dan Bhinneka tunggal Ika
·         Peserta Kegiatan Orientasi Pembinaa Tugas dan Fungsi dan Angka Kredit Penghulu, Banda Aceh, 2013
·         Peserta pembinaan Administrasi pada KUA Kecamatan , Idi, 2013
·         Peserta RAKOR Bidang Urais se Propinsi Aceh, Tapak Tuan, 2011
·         Peserta Pembekalan dan Pembinaan Keluarga dalam Syariat Islam Se Aceh, Banda Aceh, 2011
·         Perserta Pelatihan  Peningkatan Kapasitas Forum Lembaga Keagamaan dalm Pelksanaan Syariat Islam, 2011
·         Peerta Rakor Bidang Urais Se Provinsi Aceh, Banda Aceh, 2011
·         Peserta Rakor Kasie Urais Dan Kepala KUA Kecamata Se Provinsi Aceh, Takengon, 2010
·         Peserta Sosilisasi Pencegahan Bahaya Narkoba Untuk Remaja Mesjid Se- Aceh, Banda Aceh, 2009
·         Peerta Seminar Nasional  Pembangunan dan Kebudayaan Aceh, banda Aceh, 2009
·         Pemateri Kegitan Metode Iqra Remaja Mesjid Agung Darushalihin Aceh Timur, Idi, 2009
·         Peserta Kegiatan pendidikan Politik bagi generasi Muda, Peureulak, 2008
·         Moderator LOKAKARYA Peran Zakat dalam mengentaskan Kemiskinan dan pemberdayaan Ummat, Idi 2008
·         Panitia Seminar Berbahasa Arab, Idi 2008
·         Peserta Pelatihan Teknologi Informasi (IT), Banda Aceh, 2008
·         Peserta Seminar Publik peningkatan  Pemahaman Masyarakat Tentang Hukum Adat Aceh, Lhokseumawe, 2008
·         Peserta Pelatihan had Succesfully passsed the Examinition Compiter in Idi, 2008
17. Piagam PerhagaanTanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia Menganugrahkan “Satyalancana Karya Satya X tahun , 2015
   4.    Job Deskription KUA
















 5.    Tugas dan Fungsi



6.    Kode Etik Pegawai Kementerian Agama

BAB  IV
RENCANA KERJA DAN ALUR PELAYANAN
1.    Rencana Kerja
A.   Rencana Kerja Kua Kecamatan Julok
Rencana Kerja Kantor Urusan Agama Kacamatan Julok Tahun 2018-2020 disusun berdasarkan kerangka logis dan alur berpikir yang diarahkan pada pencapaian 5 hal pokok yang menjadi tugas dan tanggung jawab Kantor Kementerian Agama dalam penyelenggaraan pembangunan bidang agama, yaitu
1.      Peningkatan kualitas kehidupan beragama
2.      Peningkatan kerukunan umat beragama
3.      Peningkatan kualitas pendidikan agama dan pendidikan keagamaan
4.      Peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji
5.      Penciptaan tata kelola kepemerintahan yang bersih dan berwibawa.
Program peningkatan kualitas kehidupan beragama KUA Kecamatan Julok  pada tahun 2018-2020 diarahkan untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan keagamaan pada masyarakat Kecamatan Julok  yang dilakukan melalui upaya sebagai berikut :
a.       Memantapkan fungsi, peran dan kedudukan agama sebagai landasan moral, spiritual dan etika dalam penyelenggaraan pemerintah;
b.       Meningkatkan peran alim ulama dan tokoh masyarakat sebagai penjaga sekaligus pembina akhlak dan moral masyarakat baik melalui media dakwah maupun sarana pendidikan keagamaan lainnya.
c.       Meningkatkan dan memantapkan kerukunan umat beragama sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis dan saling menghormati dalam semangat kebersamaan melalui dialog antar umat beragama;
d.       Meningkatkan kemudahan umat dalam menjalankan ibadahnya, termasuk penyempurnaan kualitas pelaksanaan ibadah haji dan pengelolaan zakat dengan memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraannya;
e.       Meningkatkan peran dan fungsi lembaga-lembaga keagamaan dalam ikut mengatasi dampak perubahan yang terjadi di semua aspek kehidupan untuk memperkokoh jati diri dan kepribadian serta memperkuat kerukunan hidup masyarakat.
            Dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) penyusunan Rencana Kerja merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh setiap instansi pemerintah agar mampu menjawab tuntutan lingkungan strategis lokal, nasional, regional, dan global dengan tetap berada dalam tatanan Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui pendekatan perencanaan strategis yang jelas dan sinergis instansi pemerintah lebih dapat menyeleraskan visi dan misinya dengan potensi, peluang, dalam upaya peningkatan akuntabilitas kinerja. Penyusunan Rencana Kerja meliputi penyusunan Visi, Misi, Mota Pelayanan, Kebijakan dan program Kerja
B.   Visi, Misi, Motto Pelayanan


Tabel
Kebijakan dan program kerja KUA Kecamatan Julok
Kebijakan dan Program Kerja
Keterangan
Kebijakan
Program
4
5
6
1.   Meningkatkan SDM dalam hal pelayanan NR
2.   Meningkatkan tertib administrasi dan sistem pelayanan NR
1.   Program peningkatan SDM dalam pelayanan NR
2.   Program peningkatan tertib administrasi dan sistem pelyanan nikah dan rujuk

3.   Menyiapkan SDM
4.   Meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai
3.   Program peningkatan kualitas SDM
4.   Program Pengadaan sarana dan prasarana yang memadai

5.   Meningkatkan pembinaan dan kualitas keluarga sakinah yang mandiri
5.   Program peningkatan pembinaan keluarga sakinah dan pemberdayaan kemandirian masyarakat

6.   Meningkatkan pembinaan pengelolaan masjid, zakat, wakaf, baitul maal, umat dan ibsos yang profesional dan produktif
6.   Program peningkatan pembinaan pengelolaan masjid, zakat, wakaf, baitul maal, dan ibsos yang profesional dan produktif

7.   Meningkatkan kualitas pemahaman masyarakat dalam bidang pangan halal, hisab rukyat, kemitraan umat dan kerukunan umat beragama
7.   Peningkatan kualitas pemahaman masyarakat dalam bidang pangan halal, hisab rukyat, kemitraan umat dan kerukunan umat beragama

8.   Meningkatkan kualitas bimbingan manasik haji
8.   Program pembinaan dan pemberdayaan jamaah haji


C.   Rencana Kinerja
Pada poin ini disajikan rencana kinerja KUA Kecamatan Julok tahun 2018-2020. Program Kerja yang akan direalisasikan dalam bentuk kegiatan sesuai dengan kemampuan yang ada, baik kemampuan Sumber Daya Manusia maupun Sumber Dana yang ada di KUA Kecamatan Julok sebagai berikut:
1.      Peningkatan kualitas pelayanan NR dan kualitas SDM pelayanan dalam pencatatan nikah dan rujuk., dengan sasaran yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
Ø  Memberikan pelayanan Nikah dan Rujuk (NR) di kantor dan di luar kantor secara cepat, tepat dan akurat sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta diberikannya Surat Nikah secara langsung sesaat setelah pelaksanaan kad nikah/ijab Kabul
Ø  Memberikan pelayanan Rekomendasi  Nikah, Legalisasi Surat-Surat NR, Duplikat Nikah Dan Rujuk Serta Surat Keterangan lain tentang Pernikahan
Ø  Meningkatnya kualitas dan profesionalisme kerja dan kinerja pegawai KUA
Ø  Melakukan pelayanan N/R sesuai dengan SOP
Ø  Melakukan pengawasan pencatatan N/R
Ø  tertatanya administrasi Kantor
2.      Pengumpulan dan pelaporan data, dengan sasaran yang dicapai adalah dapat dihimpun dan diolah data-data berupa:
Ø  Data model 1A – 1B
Ø  Data Model F1-F17
Ø  Data Kependudukan
Ø  Data Pemeluk Agama
Ø  Data Kepegawaian
Ø  Data NR
Ø  Data Masjid dan Meunasah
Ø  Data Sertifikasi Tanah Wakaf
Ø  Data Jamaah Haji
Ø  Data lainnya
3.      Peningkatan Kualitas Pembinaan Keluarga Sakinah, dengan sasaran sebagai berikut:
Ø  Penataran calon pengantin dan pengantin baru
Ø  Penyuluhan UU No. Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam
Ø  Membentuk Kader Keluarga sakinah
Ø  Identifikasi keluarga pra sakinah, sakinah I, Sakinah II, sakinah III dan Sakinah III Plus
Ø  Konseling masalah pernikahan
4.      Pengumpulan pengolahan dokumentasi peraturan perundang-undangan Sasaran yang dicapai adalah Terkumpulnya seluruh peraturan perundang-undangan yang berkenaan dengan tugas-tugas KUA Kecamatan
5.      Meningkatkan tertib administrasi, dengan sasaran yang dicapai adalah Pengelolaan administrasi NR dan Tata persuratan kantor yang sesuai dengan ketentuan serta komputerisasi data dan laporan berbasis penggunaan teknologi informasi
6.      Sosialisas dan Optimalisasi penerimaan Zakat Infaq Shadaqah  serta Wakaf, dengan sasaran sebagai berikut :
Ø  Meningkatkan kesejahteraan asnaf
Ø  Pengumpulan, pengelolaan, pendistribusian dan pendayagunaan ZIS secara efektif dan efisien
Ø  Terdatanya tanah wakaf
Ø  Pengusulan sertifikasi tanah wakaf
Ø  Pengusulan bantuan sertifikasi tanah wakaf
Ø  Terselesaikannya masalah perwakafan di masyarakat
Ø  Meningkatnya kualitas pengelolaan dan manajemen wakaf di masyarakat
Ø  Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berwakaf baik dari segi kualitas maupun kuantitas
7.      Penerangan Agama Islam, dengan sasaran sebagai berikut :
Ø  Terdatanya jumlah penduduk agama Islam
Ø  Terdatanya jumlah masjid, musholla & langgar
Ø  Menyelenggarakan penyuluhan agama Islam di masyarakat
Ø  Meningkatnya kesadaran beragama dan kualitas keagamaan di masyarakat
Ø  Meningkatnya kualitas dan kuantitas ibadah sosial di masyarakat
8.      Pendidikan Agama Islam, dengan sasaran sebagai berikut :
Ø  Terdatanya tempat penyelenggaraan (sekolah) pendidikan Islam dan siswa-siswi , pengajar pendidikan Islam (TPQ, ponpes, madin, dll)
Ø  Menyelenggarakan penyuluhan dibidang pendidikan agama Islam di masyarakat
Ø  Meningkatnya kualitas pendidikan Islam di masyarakat
9.      Hisab Rukyat, dengan sasaran sebagai berikut :
Ø  Penentuan arah kiblat dan koreksi arah kiblat untuk semua tempat ibadah Islam diwilayah Kecamatan Julok.
Ø  Sertifikasi arah kiblat semua tempat ibadah Islam di wilayah Kecamatan Julok
Ø  Pembinaan hisab rukyat mengenai penentuan awal ramadhan dan penentuan tanggal 1 syawal
Ø  Pembinaan hisab rukyat mengenai pembuatan dan penentuan penanggalan berdasar system kalender hijriyah
Ø  Pembinaan hisab rukyat mengenai penentuan waktu shalat
10.  Sertifikasi Produk Halal, dengan sasaran sebagai berikut :
Ø  Adanya inventarisasi produk halal.
Ø  Terlaksananya sosialisasi pencantuman label halal kepada produsen
Ø  Terlaksananya sosialisasi pentingnya penggunaan dan konsumsi label halal kepada masyarakat dalam mengkonsumsi produk
Ø  Terlaksananya Pelatihan penyembelihan hewan halal
Ø  Keluarnya sertifikasi produk halal dari LPPOM-MUI
11.  Bimbingan Manasik Haji, dengan sasaran sebagai berikut:
Ø  Meningkatnya Pelayanan Penyelenggaraan  Haji
Ø  Meningkatnya Kualitas binsik bagi calon jema’ah Haji
Ø  Meningkatnya Kualitas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji.


2.    Alur Pelayanan
A.      Standart Pelayanan

B.      Maklumat Pelayanan




C.      Standar Operasional Pelayanan (SOP)        
1)     SOP Surat Masuk

2)     SOP Surat Keluar

3)     SOP Wakaf

4)     SOP Manasik Haji

5)     SOP Suscatin

6)     SOP Pendataan Zakat Fitrah dan Qurban

7)     SOP Duplikat Akta Nikah

8)     SOP Administrasi Rekomendasi Nikah

9)     SOP Laporan Nikah

D.     Prosedur Pendaftaran Nikah

E.       Alur Pelayanan Nikah

F.       Mekanisme Persiapan, Pendaftaran dan Pencatatan Nikah

G.     Biaya Pencatatan Nikah dan Rujuk

H.     Prosedur Pelayanan Pengukuran/Verifikasi Arah Kiblat

I.        Tata Cara Pendaftaran Haji

J.        Alur Pelayanan Wakaf


K.      Proses Sertifikasi Tanah Wakaf



BAB V
PENUTUP
    A.   Kesimpulan
Menjadi Juara dalam sebuah perlombaan bukanlah tujuan utama, itu hanya pemicu agar semangat kerja dan berbakti kepada masyarakt tetap terus hidup. Keberhasilan yang selama ini di capai oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok pada hakekatnya adalah kerja sama dan partisipasi aktif berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah ini, tanpa ini semua mustahil semua ini bisa terealisasi. Kekurangan dan kelemahan memang tidak bisa dihindari namun harus segera dibenahi dan dicarikan jalan keluarnya.
Secara geografis letak KUA Kecamatan Julok sangat strategis, karena berada di tengah-tengah Kota Kuta Binjei. KUA yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dibidang Urusan Agama Islam dalam wilayah Kecamatan adalah tidak bisa lepas dari peran Muspika, Tokoh dan masyarakat setempat.
Secara keseluruhan tugas pokok dan fungsi yang diembankan serta program kerja yang akan dilaksanakan, agar dapat dijalankan dengan baik dan terarah dengan bekerjasama segenap unsur terkait yang akan tercipta suasana yang kondusif dan harmonis.
     B.    Saran-saran
Mengingat luasnya wilayah kerja maka kami mengharapkan adanya kendaraan dinas untuk memudahkan pelayanan kepada Masyarakat.
Demikian profil ini di susun, sekedar mengambarkan apa adanya keadaan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Julok, Mudah – mudahan hasil yang telah dicapai selama ini semakin memacu semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

PROFIL KUA KECAMATAN JULOK PROFIL KUA KECAMATAN JULOK Reviewed by KUA KECAMATAN JULOK on Juni 25, 2018 Rating: 5

1 komentar:

ads 728x90 B
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.